Minggu, 10 Januari 2010

analisis SWOT

Nama : Sudin Antoro


ANALISIS SWOT PADA PERPUSTAKAAN
ADAB DAN HUMANIORA

PENDORONG PENGHAMBAT
Internal S W
Eksternal O T
keterangan:
Suatu institusi dalam menyusun rencana pengembangan, harus melakukan evaluasi diri (self evaluation) untuk mengetahui kondisi perkembangan dan kemajuan pada saat ini (state of the art review). Dalam evaluasi diri ini beberapa pendekatan dapat dilakukan, antara lain pendekatan analisis kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman (KKPA, atau SWOT: strength, weakness, opportunity, dan threat).
Pendekatan SWOT dapat dilakukan untuk dapat mengevaluasi kegiatan baik jangka pendek, menegah maupun jangka panjang. salah satunya adalah lembaga yang di kembangkan (Peprustakaan Fakultas Adab), di samping sebagai pelayanan dan penyedia informasi tidak kalah pentingya dan merupakan tugas berat yang di embanya untuk menjadikan perpustakaan itu tetap berjalan bahkan lebih dari itu agar bisa berkembang.
Yang jelas bahwa dalam suatu kehidupan yang ditandainya dengan gerak serta perubahan itu pasti memiliki keinginan, namun keinginan ini tidak mudah seperti membalikan telapak tangan. Akan tetapi harus, melewati fase-fase yang ada; pendorong dan penghambat. Tentu dari pada faktor ini didasari pada kekuatan ataupun kelemahan internal amupun ekternal.
Pengembangan prodak perpustakaan Fakultas Adab akhir-akhir ini sedang memasarkan Corrner berkerjasama dengan pihak asing, yang mendapatkan kucuran dana kurang lebih 37 juta. Sambutan sanggat baik ini suatu kekuatan, namun kelemahan tampak pada pengoprasian, atau perawatan. Peluang bagi perpustakaan bisa berkerjasama berkelajutan. Ancaman kebijakan yang sanggat sulit.

Tidak ada komentar: