Minggu, 12 April 2009

kki

Nama : Sudin antoro
Nim : 106025001063
Semester/jurusan : V/ Ilmu perpustakaan dan Informasi
Mata kuliah : Kosa Kata Indeks
Tugas : Ujian Akhir Semester (UAS)


Tentang ERIC
Education Resources Information Center (ERIC)- adalah sebuah perpustakaan digital pendidikan penelitian dan informasi. ERIC ini disponsori oleh Institut Ilmu Pendidikan (IES) dari US Department of Education. ERIC siap menyediakan akses ke pendidikan sastra untuk mendukung penggunaan penelitian dan informasi pendidikan untuk meningkatkan praktek dalam belajar, mengajar, keputusan pendidikan, dan penelitian .
Missi ERIC
misi ini adalah untuk memberikan yang komprehensif, mudah digunakan, dicari, Internet berbasis bibliografi dan full-text database pendidikan penelitian dan informasi yang juga memenuhi persyaratan yang Ilmu Pendidikan Reform Act of 2002.
Computer Sciences Corporation (CSC) merupakan kegiatan Proyek ERIC yang beroperasi di bawah kontrak dengan US Department of Education. ERIC kontrak yang mendukung pengembangan dan pengelolaan koleksi digital, ERIC Thesaurus, situs Web, dan teknologi yang terkait, serta jangkauannya ke pengguna ERIC. IES telah resmi memperkerjakan dua ahli panel penasihat untuk mendorong pembangunan berkelanjutan yaitu ERIC penasehat dan (konten) ahli
Kinerja eric
ERIC terus mencari pendekatan baru untuk meningkatkan dan memperluas layanan kepada masyarakat pengguna. Melalui kerja sama dengan upaya dan tanggapan yang diberikan oleh pengguna masyarakat. dengan melalui program. ERIC untuk terus meningkatkan layanan online, memperluas akses ke bahan-bahan teks-penuh, dan meningkatkan jumlah jurnal-jurnal dan non sumber diindeks di Koleksi.
Informasi untuk penerbitan
Jutaan praktisi pendidikan dan peneliti untuk mencari kekayaan ERIC yang memiliki informasi pendidikan berkualitas tinggi. Membantu mereka menemukan bahan-bahan oleh menjadi bagian dari koleksi ini bertahan pendidikan sastra diindeks dari 1966 hingga saat ini. ERIC ini disponsori oleh the US Department of Education, Institut Ilmu Pendidikan.
keuntungan berpartisipasi dalam ERIC
Sebagai pengguna ERIC Anda bias menemukan bahan-bahan yang relevan, Anda akan:
· Menjangkau calon anggota baru, pelanggan, dan pelanggan
· Mempromosikan publikasi tanpa biaya
· ERIC Mendapatkan penghargaan dari organisasi Anda dalam ERIC
· Memperluas aksesibilitas situs Web Anda melalui link dalam catatan ERIC bibliografi
· Meningkatkan eksposur internasional ke khalayak
· Pastikan jangka panjang distribusi bahan setelah berhenti untuk dapat diakses dari organisasi Anda (menggunakan opsional, tidak ada biaya, lengkap dengan akses teks ERIC)
ERIC tidak memerlukan suatu perjanjian eksklusif. Bekerja dengan beberapa database penjual dan pihak ketiga. Dengan sumber memungkinkan penerbit untuk mencapai maksimum.Tidak ada biaya yang terkait dengan berpartisipasi dalam ERIC.
Akses pengguna ERIC
ERIC digunakan oleh peneliti, guru, pendidik, guru, administrator, librarians, pendidikan pelajar, dan masyarakat umum di seluruh Amerika Serikat dan di seluruh dunia. pengguna ERIC melakukan lebih dari 7 juta pencarian setiap bulan melalui website ERIC dan lainnya participating sites and services. situs yang berpartisipasi dan jasa.
Jenis Bahan Indeks dalam ERIC
eric saat ini sedang mengindeks jurnal, buku, abu-abu sastrasecara langsung berkaitan dengan bidang pendidikan atau disiapkan dan diterbitkan antara 2004 dan saat ini.
Setelah sukses meninjau organisasi Anda dan jenis bahan yang Anda berikan (lihat Tinjau Proses), ERIC akan menghubungi penerbit atau organisasi untuk meminta izin untuk mengindeks bahan ERIC. Rincian dieja dalam kesepakatan yang ditandatangani oleh kedua belah pihak

ERIC Thesaurus

ERIC Thesaurus of the descriptors (Thesaurus) adalah dikontrol kosakata - yang dipilih secara hati-hati daftar pendidikan yang berhubungan dengan kata dan frasa yang ditugaskan ke ERIC catatan untuk mengatur subyek oleh mereka dan membuat mereka lebih mudah untuk mengambil melalui pencarian.
Pencarian oleh descriptors memilih melibatkan relevan istilah dari kosakata ini dikontrol untuk mencari informasi mengenai topik Anda.
descriptor
Walaupun Anda juga dapat mencari ERIC menggunakan kata kunci yang Anda pilih, Anda akan mendapatkan hasil pencarian lebih tepat jika Anda menggunakan istilah Thesaurus. Hal ini disebabkan karena kata kunci pencarian yang cocok dengan tepat memerlukan kata yang ditemukan dalam catatan, saat mencari oleh descriptors memungkinkan Anda untuk mencari catatan diindeks oleh subjek, apapun yang terminologi penulis mungkin telah digunakan ERIC Thesaurus yang akan memungkinkan Anda untuk melakukan pencarian sistemik dan menghemat waktu dengan mengurangi dan menebak-percobaan dan metode-kesalahan.
Untuk rencana pencarian Anda menggunakan ERIC descriptors, kami sarankan Anda ikuti langkah berikut
1. Menjelaskan topik dalam kata-kata Anda sendiri.
2. Membagi menjadi topik utama konsep.
3. Menggunakan Thesaurus ke lokasi yang sesuai untuk setiap descriptors konsep topik.
4. . Menambahkan keterangan (s) untuk pencarian Anda.
Jika Anda ingin mengambil jalan pintas, Anda dapat mencoba cukup melakukan kata kunci pencarian, mengambil catatan yang tampak relevan dengan topik, dan kemudian memeriksa yang descriptors. . Anda bahkan dapat klik pada salah satu descriptors untuk memulai pencarian baru.
Contohnya gambar dibawah ini
Gambar 1

1. Browse melalui category
Langkah yang saya ambil dalam pencarian ini dengan mencoba meng-klick help, Research, Brwose the Thesaurus Selain itu juga dapat langsung memilih deskriptor yang terdapat dibawah. Research and Theory

Gambar 2
Setelah penulis meng-klick pada gambar diatas, munculah descriptor yang masih berkaitan pada descriptor pertama. Kemudian penulis memilih descriptor Information Theory lalu muncul gambar dibawah ini

Gambar 3
Langkah selanjutnya penulis mengklick Information Theory dengan muncul tampilan gambar dibawah ini dengan jelas terdapat descriptor Information Theory


Gambar 4

2. Browse melalui alphabetis
Penulis dalam mencari halaman ini menggunakan cara help, search. Namun menurut penulis lebih mudah menggunakan menu Thesaurus. lalu pilih descriptor yang dicari misalkan contoh gambar dibawah ini "bahasa dan lisan".
Langkah yang harus diperhatiakan dalam mencari descriptor melalaui alphabetis adalah pencari harus betul-betul teliti menginggat sisitem manual bukan otomatis, inggat huruf yang pertama misal A..B,,C lalu klick salah satu huruf pertama yang mejadi huruf pertama pada descriptor, musalkan "bahasa dan lisan" disini pencarai harus mengklick abjad yang terdapat di bagian atas huruf "B" lalu cari sampai ketemu haruf "b" setelah mendapatkan huruf abjad "b" maka perhatiakn apakah ada descriptor yang kita cari. Untuk memudahkah pencarain tekan "next"

Gambar 5
Langkah selanjutnya penulis mencari descriptor yang berbeda namaun dengan pencarain yang sama. Alhasil tampilan dan tingkat kerumitan tetap sama ya itu dengan kesabaran dan ketelitian. Dibawah ini terdapat descriptor dnegan "Information Theory" berbeda pada gambar yang diatas memakai descriptor "Bahasa dan Lisan"


Gambar 6



3. Search
Ada beberapa cara dalam pencarain yaitu dengan cara melalaui help, search dan juga biasa melakukan dengan menu thesaurus. gambar dibawah terlihat descriptor "Bahasa dan Lisan"
Gambar 7
Seperti yang diatas. bahwa penulis dalam melakukan pencarain yang berhubungan dengan topik-topi (sinonim) dengan melalui tiga penelusuran yaitu melalui category, alphabetis, seach. Didalam penelusuran penulis betul-betul merasakan hal-hal yang timbul dari berbagai cirri masing-masing yang merupakan kombinasi dari pemediaan untuk kemudahan pengguna ERIC, yang telah dirancnag sedemikian rupa.
Lihat gambar dibawah ini. penulis memasukan descriptor yang berbeda, namun masing-masing memiliki persamaan yang sama dengan memakai penelusuran bahasa alamaih namun yang membedakan adalah deskriptornya.




Gambar 8

keterangan
berdasarkan penelusuran yang telah dilakaukan penulis maka dapat disimpulkan beberapa hal yang sanggat menarik dari segi penyajian ficture yang memiliki tingkat kesulitan apa bila tidak mengikuti aturan yang telah dianjurkan oleh program ERIC. Pada dasarnya ERIC sanggat lah mudah apa bial mengetahui bahasa-bahasa yang digunakan sebagaimaan program ini dirancang unutk pengguna sipapaun berlatar belakang apapaun entah guru, dosen, pelajar maupun secara umum tidak ada latar belakang oarnag yang berpengetahaun baik di akademisi maupun yang mengetahuai program ini. Namun ERIC memberiakn kemudahan dalam pencarain dengan melalui help atau melalaui search the Thesaurus yang disediakan. Karena dnegan langkah ini saya sebagai penulis seklaipaun awam dalam hal iani masih tetap bisa melanjutkan penelusuran saya. sekilipun tidak beraturan artinya ketika penulis meng entri satu descriptor tidak serta merta langsung muncul bentuknya entah itu artikel, jurnal dan sebagainay namaun secara garis besar penulis mampu melihat apasih isi didalamnya, apa saja yang disajikan, dan untuk apa menyajikan hal-hal ini.
Setelah penulis ketahui secara garis besar bahwa didalam Thesaurus ERIC/ERIC secara keseluruhan mencangkup di banyak bidang bukan hanya yang berbau pendidikan saja manun masalah ekonomi dan banyak yang lainya.
Tiga langkah dalam penelusuran didalam ERIC yaitu dengan cara
1) Browse by category langkah yang diambil dengan melalui help, seach atau memakai Searah Thesaurus. Namun sebelum memasuki halaman ini penulis membuka pada hom atau pada tampilan pertama. Penulis mencoba mengklick tentang ERIC yang ada pada fiture.
Unutk memilih descriptor penulis hanya mengklik apa yang dipilih, selanjutnya ada tampilan yang berbeda namuan masih berkesinambungan. Yang menjadi kendala kita pilih descriptor tidak ada isinya. seandainya ketika kita pilih descriptor lalau langsung muncul texs, atau jurnal itu sanggat mengguntungkan.
2) Browse by alphabetical didalam menelusur memalaui alphabetis seorang penelusur haruslah sabar dan cermat. Dikarenakan tingkat ketajaan harus tinggi karena proses ini memakai manual menilih abjad sesuai dengan huruf awal judul yang dipilih
3) Seach. Bahasa alamiah penulis menelusur menggunakan search thesaurusn namuan yang menjadi kendala mengapa ada perbedaan antara misalkan pada gambar 7 dan gambar 8. pada gambar 7 dengan hasil penelusuran 0, namun pada gambar 8 dalam penelusuran terdapat angka 1. entah apa yang menjadi perbedaan apakah karena gambar 7 memakai bahasa Indonesia yang cakupanya kecil. Dapat kita lihat pada gambar 8 terdapat nilai 1 yang memakai bahasa inggris. Disini penulis agak sedikit binggung dari mana hasil nominasi itu. Apakah memang lebih didominasi memakai bahas aasing ketimbang bahasa Indonesia yang masih sedikit. Pada dasarnya bahas Indonesai juga mencangkup banyak yang berhubungan Bahasa dan Lisan namaun dukarenakan masih memakai bahasa asing sehingga hasil penelusuran 0 dan bahasa asing yang lebih dominan bernilai 1. hanya inilah yang penulis pahami.

Tidak ada komentar: